Cerita Fajar Senja

dari fajar untuk senja


Leave a comment

Daftar Agen Bus&Telepon Agen Terminal Cicaheum, Bandung

Berikut adalah daftar agen bus beserta nomer teleponnya yang ada di Terminal Cicaheum, Bandung.

NUSANTARA

RAJAWALI

MANDALA, 27 TRANS

BUDIMAN, EKA

MAJU LANCAR, SAHAALAH

NEW SHANTIKA, KYM TRANS

HIBA PUTRA

GUNUNG HARTA

BANDUNG EXPRESS

SINAR JAYA, SUGENG RAHAYU

PAHALA KENCANA

HARYANTO, HARAPAN JAYA

Semoga info ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Advertisement


Leave a comment

Mie Ayam Bogor

Beberapa waktu yang lalu aku sempat tinggal menemani dinas istri di Bogor kurang lebih selama 1 bulan. Selama 1 bulan itu, aku sempat beberapa kali hunting kuliner favorit, Mie Ayam. Mie Ayam yang aku sempat coba itu antara lain:

Mie Ayam Gang Ambi
Lokasinya ada di Jl. Merdeka Gg.Ambi II, RT.04/RW.01, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16114, https://maps.app.goo.gl/LgiUs738J2mUF4qE6.
Mie Ayam disini bertipe gurih asin. Mienya menggunakan mie tipis, gepeng-gepeng. Tak lupa juga pesan dengan tambahan Bakso dan Pangsit Rebus. Overall cukup puas dengan mie ayam ini, cuma minusnya agak keasinan sedikit menurutku. Mienya dimasak pas. Pangsit Rebus, Baksonya oke. Kuah pisahnya pun segar, ada taburan lada bubuknya juga. Oya, disini kalo pesan Mie Ayam Pangsit saja, nanti akan mendapatkan semangkuk mie dengan taburan ayam dan pangsit rebus tanpa ada tambahan kuah pisah. Jika pesan dengan ada tambahan bakso, sudah pasti akan mendapatkan tambahan kuah pisah dalam semangkuk kecil yang berisi bakso.

Mie Ayam Pangsit Bakso Gang Ambi
Daftar Menu dan Harga Mie Ayam Gang Ambi

Mie Ayam Bakso Herman
Lokasinya ada di belakang Kawasan Pasar Anyar Bogor, RT.01/RW.04, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16124, https://maps.app.goo.gl/MCPRm8DnM4MWw8xt6.
Disini aku pesan Mie Ayam Bakso Pangsit. Dalam seporsi Mie Ayam Pangsit ini, aku mendapatkan berupa semangkuk Mie dengan taburan ayamnya. Kemudian semangkuk kecil pangsit goreng, dan semangkuk pangsit rebus+bakso beserta kuah pisahnya. Mie disini menggunakan tipe mie kecil. Rasa mie ayam disini gurih, asin dan ada manisnya. Kuah pisahnya gurih, segar. Bakso dan pangsitnya oke. Namun disini minusnya adalah, mienya over cooked saat aku mencobanya.

Mie Ayam Bakso Pangsit Herman
Daftar Menu dan Harga Mie Ayam Bakso Herman

Mie Ayam Baso&Martabak AA
Lokasi yang aku datangi berada di Jl. A. Yani No.5, RT.05/RW.05, Cibuluh, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16151, https://maps.app.goo.gl/RxKhVvtXB9inw4oD7. Selain di alamat tersebut, ada beberapa cabang lain di lokasi yang berbeda di Bogor.
Sebelumnya aku sempat makan mie ini, namun dibungkuskan oleh istriku. Akupun mencoba untuk yang kedua kalinya dengan “ngiras” langsung ke lokasi. Mie ayam disini bertipe gurih asin. Mienya menggunakan mie halus. Menu Mie Pangsit disini yang uwow adalah Pangsit Rebusnya. Dalam 1 porsi, terdapat beberapa potong Pangsit Rebus yang tentunya bikin mengenyangkan perut.

Mie Ayam+Pangsit
Daftar Menu dan Harga Mie Ayam Baso&Martabak AA

Mie Ayam Ojo Dumeh “Mas Endhut”
Lokasinya berada di Jl. Raya Pajajaran, RT.03/RW.13, Bantarjati, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16138 samping Bank BTPN, https://maps.app.goo.gl/7f7VY6qLdxDvtroa8.
Disini aku memesan menu Mie Ayam Pangsit. Dalam seporsi Mie Ayam Pangsit disini, kita akan mendapatkan berupa semangkuk mie dengan taburan ayam dengan tambahan pangsit rebus di atasnya. Seperti Mie Ayam Gang Ambi, disini juga tidak disajikan dengan kuah pisah. Namun disini bisa request minta tambahan kuah pisah.
Mie ayam disini menggunakan mie kecil pipih. Rasa mie ayamnya gurih, asin dan agak sedikit manis dari ayam kecapnya. Pangsit rebusnya oke. Kuah pisah disini bercita rasa gurih asin dan manis dari tambahan kuah ayam kecap yang ditambahkan ke kuah pisahnya. Harga untuk seporsi Mie Ayam Pangsit disini adalah Rp 13.000
Mie Ayam Ojo Dumeh “Mas Endhut” ini bisa dibilang paling favorit dibanding mie ayam yang sudah aku sebut di atas. Dengan harga yang cukup terjangkau, mie ayam disini paling masuk menurut seleraku.
Oya, di samping warung juga ada penjual es doger, harganya Rp 8.000 saja.

Mie Ayam Pangsit Ojo Dumeh “Mas Endhut”
Es Doger samping mie ayam


Leave a comment

Pengalaman Pertama Bersama Rosalia Lantai Dua

Bagi pengguna transportasi bus, siapa sih yang tak kenal dengan PO Rosalia Indah? Rosalia Indah adalah PO asal Karanganyar, Jawa Tengah yang melayani berbagai macam jurusan dari Palembang, Sumatera Selatan, hingga sampai Jember, Jawa Timur. Baru-baru ini PO Rosalia Indah mendapatkan predikat dari Museum Rekor Indonesia sebagai perusahaan otobus AKAP yang memiliki armada bus double decker terbanyak dengan pelayanan pramugara/pramugari.

Penghargaan MURI

Sebenarnya di Indonesia, tak cuma Rosalia Indah saja yang mempunyai armada double decker (bus dengan 2 lantai, atau lebih tenarnya dengan bus tingkat). Ada juga PO lain seperti, Agra Mas, Putera Mulya, Safari Dharma Raya, Harapan Jaya, Garuda Mas, Nusantara, Lorena Karina, Gunung Harta Solutions, Agung Sejati, Murni Jaya, Sinar Jaya yang beroperasi di Pulau Jawa. Atau juga PO lain di luar pulau Jawa seperti, Sempati Star, Primadona, Borlindo, Metro Permai. Tapi dari PO yang aku sebutin tadi, armadanya tak ada yang bisa melebihi jumlah armada double decker yang dimiliki Rosalia Indah, yaitu sejumlah 21 unit armada. Armada double decker yang dimiliki Rosalia Indah ini melayani berbagai jurusan antara lain, Malang-Tajur, Malang-Bitung, Jember-Bitung, Blitar-Ciputat, Blitar-Bitung, Ponorogo-Cileungsi, Madiun-Bitung, Karanganyar-Ciputat, Klaten-Jogja-Ciputat, dan Klaten-Jogja-Merak.

Sudah lama rasanya aku tak menggunakan jasa PO Rosalia Indah sebagai pengantarku bepergian. Terakhir kali naik PO ini adalah di bulan juni, 2016 yang kala itu naik armada kelas eksekutifnya dari Solo menuju Pasar Rebo, Jakarta. Berawal dari aku mendapatkan SMS dari Rosalia Indah dimana aku mendapatkan diskon 50% cuma-cuma, sangat sayang jika tidak aku gunakan kesempatan ini. Selain itu juga, kesempatan itu didapatkan berbarengan dengan adanya rencana berpergian ke Jakarta di akhir bulan januari kemarin. Ya sudah akhirnya aku putuskan Rosalia Indah yang akan kujadikan armada pengantarku menuju Jakarta kali ini. Tanpa basa-basi, pilihan langsung kujatuhkan untuk menaiki armada double deckernya. Embel-embel PO terbanyak yang mempunyai armada double decker beserta pelayanan yang dikenal bagus tentu sangat sayang untuk dilewatkan kali ini.

SMS diskon 50%

H-1
Sehari sebelum keberangkatan, aku datang langsung menuju Kantor Pusat Rosalia Indah, Ngringo, Karanganyar untuk memesan tiket. Sebenarnya untuk memesan tiket Rosalia Indah ini, bisa juga melalui websitenya Rosalia Indah, atau melalui aplikasi Rosalia Indah.

Aplikasi Rosalia Indah

Tetapi karena diskon 50% yang diberikan kepadaku diharuskan untuk memesan tiket melalui agen, maka dari itu aku memesan tiket kali ini dengan datang langsung ke loket. Sesampainya di loket, aku langsung utarakan maksudku dan tak lupa juga menunjukkan SMS tadi ke petugas loket. Akhirnya sebuah tiket Rosalia Indah dengan kelas eksekutif plus double decker keberangkatan esok hari berhasil aku amankan dengan mudah. Karena aku mendapatkan diskon 50%, aku cuma membayar sebesar Rp 132.500 saja, dari tarif normal Rp 265.000. Kali ini aku mendapatkan nomer seat 1B untuk perjalanan dari Kantor Pusat Rosalia Indah menuju Lebak Bulus, Jakarta.

Tiket Rosalia Indah

Hari H
Jam setengah 6 sore dengan diwarnai gerimis hujan, aku tiba di Kantor Pusat Rosalia Indah untuk memulai perjalanan. Sampai kantor, taklupa untuk laporan dulu ke bagian cek in yang ada di dekat ruang tunggu penumpang. Kali ini aku mendapatkan armada Rosalia Indah dengan nomor lambung SDD 163. Berdasarkan referensi yang aku dapat sebelumnya, kali ini aku akan menaiki armada double decker dengan bodi Jetbus 3+ buatan Karoseri adiputro Malang yang dipadu dengan sasis Volvo dengan seri B11R 430HP. Sebuah pengalaman pertamaku naik Rosalia Indah double decker, pertama kalinya juga aku menaiki bus double decker dengan chasis Volvo yang terkenal dengan kenyamanannya. FYI, di armada double deckernya ini, Rosalia Indah mempunyai 3 kelas berbeda. Di lantai 1 terdapat kelas first class double decker, atau kalo di PO lain di kenal dengan suite/sleeper class sebanyak 2 seat dan juga terdapat kelas super top double decker dengan konfigurasi kursi baris kiri 1 seat, kanan 2 seats dengan total 6 seats yang disertai legrest. Sementara di lantai 2 terdapat kelas eksekutif plus double decker dengan konfigurasi baris kiri 2 seats, dan kanan 2 seats, disertai legrest dimana aku akan mendudukinya.

Sebelum jam keberangkatan bus, aku gunakan kesempatan untuk ibadah dan servis makan. Oiya, servis makan yang diberikan kali ini dilakukan langsung di resto Rosalia Indah yang juga berada di area Kantor Pusat ini. Masuk ke ruang makan, aku utarakan maksudku ke petugas. Sebenarnya hari itu aku lagi pengen menukar menu standar dengan menu lain, tapi agak kecewa juga karena katanya menu lain sudah habis. Mau gak mau aku pun makan dengan menu standar yang ada. Menu standar yang disajikan untukku kali ini berupa nasi, semangkuk kare ayam,  lauk berupa ayam goreng tepung dan bakwan, dan teh dingin sebagai pelengkapnya. Dari rasa sebenarnya lumayan lah, cuma masih agak kecewa aja karena sebenarnya aku lagi pengen tukar dengan menu lainnya.

Bisa tukar menu, tapi sayangnya pas abis
Ambil menu makan standar

Ibadah sudah, makan sudah, yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu berangkat. Kali ini keberangkatan bus agak telat. Bus baru siap untuk diberangkatkan sekitar jam 7 malam kurang 15 menit. Setelah armada diparkirkan di depan ruang tunggu, segera saja aku masuk ke dalam bis. Langsung duduk di seatku, 1B. Pandangan loss ke depan, tak ada halangan apa-apa. Aku pun juga mencoba legrestnya, dan wow, kakiku bisa selonjoran dengan maksimal tanpa nekuk dan tanpa membentur apapun. Umumnya legrest di bus biasanya menempel di kursi, dan hanya bisa diatur dengan kemiringan tak bisa full 180°, tapi PO Rosalia Indah membuat terobosan baru dengan menyediakan legrest full selonjoran. Selain legrest, di kursi yang aku duduki ini juga terdapat port usb yang bisa digunakan untuk mengisi daya ponsel. Bantal dan selimut juga disediakan sebagai bagian dari fasilitas bus.

Pandangan loss ke depan
Full selonjor
Armada Rosalia Indah double decker SDD 163

Jam 18.53 akhirnya bus diberangkatkan juga dari Kantor Pusat Rosalia Indah, agak telat kali ini, tapi tak mengapa lah karena kali ini aku tidak mengejar waktu tiba di Jakarta. Tak jauh dari kantor tadi, bus mampir isi solar dulu di SPBU milik Rosalia Indah daerah Sroyo. Saat di SPBU ini, sambil dibagikan juga air mineral merk utra oleh pramugara sebagai bagian dari fasilitas.

Air Mineral Utra


Selepas mengisi solar, bus kemudian melaju kembali melewati beberapa agen seperti Gilingan, dan Kartasura. Oiya, karena bus sudah melakukan servis makan di Kantor Pusat Rosalia Indah, penumpang yang naik setelah Kantor tidak mendapatkan servis makan dan hanya mendapat berupa snack arem-arem dan roti sebagai gantinya. Sepertinya kok tidak sebanding dengan valuenya menurut saya.

Setelah menjemput penumpang di Kartasura, bus kemudian langsung masuk tol di gerbang tol Colomadu. Saat bus sudah melaju di tol, ada hal yang sangat  jarang ditemui di PO lain. Layaknya di pesawat terbang, dan kereta api, di bus Rosalia Indah ini juga terdapat anouncement yang langsung diucapkan oleh pramugara, bukan melalui rekaman yang diputar. Isi anouncement berisi tentang perkenalan armada yang dinaiki, kru yang bertugas, dan juga fasilitas yang tersedia di armada. Selain itu, ada ajakan berdoa bersama dari pramugara kepada seluruh penumpang agar diberi keselamatan dalam perjalanan. Sebuah nilai plus dari pelayanan PO Rosalia Indah. Selanjutnya bus melaju kembali menyusuri tol Trans Jawa ini dan juga sambil menjemput penumpang di Salatiga, Bawen, dan Banyumanik. Okupansi penumpang kali itu sangat lah bagus, hanya tersisa beberapa seat kosong saja. Padahal hari itu bukan hari ramai penumpang. Wajar memang, Rosalia Indah gitu.

Ada fasilitas lain yang jarang di PO lain yang kutemukan saat aku hendak turun menuju toilet di lantai 1. Di samping tangga, terdapat sebuah telepon yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pramugara/pramugari yang ada di kabin kemudi.

Telepon Armada

Selama di Tol, bus melaju dengan aman dan nyaman. Di saat kondisi jalanan kosong, bus dilajukan dengan kecepatan tinggi tapi dengan nyaman. Tidak ada manuver membahayakan yang dilakukan. Dan di saat kondisi jalanan ramai, bus pun sabar tetap melaju di jalurnya. Tidak ada kesempatan menggunakan bahu jalan sekedar untuk membelah arus lalu lintas. Memang mantab lah Rosalia Indah ini. Bus yang nyaman, dipadukan dengan pembawaan driver yang mantab, kombinasi yang sempurna untuk membawaku kemudian untuk beristirahat memejamkan mata.

Tengah malam, aku terbangun saat terdengar anouncement dari pramugara bahwa armada bus hendak memasuki Rumah Makan Rosalia Indah Subang guna melakukan servis snack. Sampai rumah makan, segera saja masuk ke dalam. Untuk servis snack kali ini aku mendapatkan sepiring kecil paket snack berupa lemet singkong dan pisang goreng. Untuk minumannya aku mengambil teh panas. Selain teh panas juga bisa mengambil kopi. Rasa lemet dan pisang goreng ini lumayan enak. FYI, jika kita naik armada double decker dari Jakarta dan turun di sekitar mulai Semarang hingga Solo, kita tidak mendapat servis snack, tapi harga tiket lebih murah Rp 15.000 dibanding jika kita naik dari timur.

Servis Snack
Armada Rosalia Indah double decker SDD 163 saat di Rumah Makan Rosalia Indah Subang

Setengah jam saja servis snack dilakukan, bus pun melanjutkan kembali perjalanannya. Aku gunakan kesempatan untuk melanjutkan tidur kembali. Selanjutnya, aku sempat beberapa kali bangun saat bus menurunkan penumpang di Cikarang, Bekasi, Terminal Pulo Gebang. Setelah tidur-tidur ayam, aku benar-benar bangun saat bus hendak tiba di tujuan akhirku di Lebak Bulus berbarengan dengan nyala lampu kabin dan suara anouncement dari pramugara bahwa tujuan penurunan Lebak Bulus akan segera tiba. Akhirnya, jam 4.32 aku tiba dengan selamat di tujuan akhirku Lebak Bulus. Perjalanan cukup memuaskan kali ini. Mungkin cuma kurang sreg aja di servis makan kali ini, karena sebenarnya aku pengen tukar menu. Tapi tak mengapa. Pelayanan lain yang diberikan sudah sangat lah mantab diberikan oleh PO ini kepada penumpang. Tak ada alasan untuk tidak mencoba kembali jasa PO Rosalia Indah ini di lain kesempatan.

Catatan waktu:
Start Kantor Pusat Rosalia Indah 18.53
Isi solar @ SPBU Rosalia Indah, Sroyo  18.58-19.06
Agen Gilingan 19.30-19.37
Agen Kartasura 20.01-20.04
GT Colomadu 20.09
Exit GT Salatiga 20.34
Terminal Tingkir, Salatiga 20.41-20.44
In GT Salatiga 20.49
Exit GT Bawen 21.02
Terminal Bawen 21.05-21.07
In GT Bawen 21.09
Exit GT Ungaran 21.20
Agen Banyumanik 21.38-21.39
In GT Srondol 21.43
GT Kalikangkung 21.59
Exit Gt Subang 1.32
Rumah Makan Rosalia Indah, Subang 1.32-2.09
In GT Subang 2.11
Finish Lebak Bulus, Jakarta 4.32

Fasilitas:
Bus Adiputro Jetbus 3+ duble decker powered by Volvo B11R 430 HP
Seat by Hai Rimba Kencana konfigurasi 2-2
Legrest model selonjoran
Selimut + Bantal
Port USB untuk mengisi daya ponsel
Air Mineral merk Utra
Servis makan
Servis snack
Toilet di lantai 1
Telepon yang digunakan untuk menghubungi pramugara
Hand sanitizer


2 Comments

SOTO TANGKAR SATE KUAH BANG EDI

Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi. Begitu lah nama warung makan yang aku kunjungi ini. Aku sangat penasaran dengan Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi ini. Pertama kali ngerti kuliner ini dari nonton youtubenya Nex Carlos kira-kira 3 tahun yang lalu. Kemudian diperkuat dengan ulasan di twitter @drhaltekehalte tentang Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi di tahun 2021, semakin membulatkan tekad untuk mencobanya.
Akhirnya kesempatan untuk menjajal Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi itu kesampaian juga beberapa waktu yang lalu saat mampir Jakarta di perjalanan hendak ke Serang. Aku menyempatkan diri untuk datang mencobanya tentu saja bareng Ewy. Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi ini berlokasi di Jalan Tanah Abang II No.41D, RT.1/RW.4, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10160 atau bisa dicari melalui link google maps berikut https://maps.app.goo.gl/SBKgfMJAfHWaVuzh8.

Sampai di lokasi aku pun langsung memesan menu Soto Daging+Nasi, kemudian Ewy memesan Sate Kuah+Nasi dan kemudian memesan Sate terpisah sebagai tambahan. Di dalam semangkuk Soto yang aku pesan itu terdiri dari potongan daging (tidak ada jeroan), beberapa potongan tomat yang kemudian diguyur dengan kuah santan pekat yang juga diberi perasan jeruk limau, dan kemudian ditaburi daun bawang dan bawang goreng. Untuk pesanan Ewy tidak jauh beda denganku. Yang membedakan hanya dari isian dagingnya saja yang berupa sate daging&lemak yang sudah dilepaskan dari tusukannya. Sementara untuk sate tambahannya berupa semangkok berisi 5 tusuk sate yang sama digunakan untuk Sate Kuah yang disiram kecap manis yang kemudian diberi perasan jeruk limau dan kemudian diberi taburan bawang goreng.

Soto Daging+Sate tambahan


Sate Kuah
Sate
Potongan daging+jeroan

Oya, sebelumnya aku pernah mencoba Soto Tangkar di Karawang, namanya Soto Tangkar Mang Nean yang berlokasi tak jauh dari Stasiun Karawang. Secara fisik sih mungkin tak jauh beda dengan Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi yang kurasakan ini. Tapi soal rasa, di Bang Edi ini lebih kuat secara rasanya, dan juga kuahnya lebih pekat. Dagingnya juga teksturnya empuk, tak alot. Oiya, disini Sotonya menggunakan daging sapi ya. Aku juga sempat mencicipi Sate Kuah yang Ewy pesan. Di Sate Kuah yang Ewy pesan rasanya malah lebih kuat lagi karena ada tambahan rasa smoky dari hasil bakaran sate yang bercampur dengan kuah sotonya. Gak salah memang kalo label gak ada obat disematkan oleh Nex Carlos terhadap Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi ini. Buatku sotonya memang sangat nikmat. Gak rugi lah aku menyempatkan diri datang langsung ke Tanah Abang untuk mencicipinya.
Soto Tangkar+Nasi yang aku pesan ini dibanderol seharga Rp 30.000 per porsi. Untuk Sate Kuah+Nasi yang dipesan Ewy pun juga sama, dibanderol seharga Rp 30.000 per porsi. Sementara untuk sate tambahan yang dipesan dibanderol seharga Rp 25.000. Selain menu yang aku pesan tadi, ada juga menu Soto Campur yang berisi daging dan jeroan seperti babat, usus, paru. Dan selain itu ada emping dan kerupuk yang dijual terpisah.

Daftar Harga


Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi ini buka setiap hari dari senin sampe minggu dimulai dari jam 7 pagi sampai tutup jam 10 malam. Oya, kami datang di saat pagi hari, karena pagi hari belum terlalu ramai pengunjung. Karena konon katanya, di siang hari pengunjung yang datang kesini berjibun, sangat ramai. Tambahan info juga, apabila pembaca tulisan ini ada yang belum pernah mencoba Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi dan ingin berkunjung kesana, pembaca bisa kesana dengan menggunakan transportasi umum seperti KRL atau bus Trans Jakarta. Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi ini lokasinya cukup terjangkau, karena cukup dekat dengan Stasiun Tanah Abang, dan juga cukup dekat dengan Halte Trans Jakarta Monas.


1 Comment

Mencicipi Es Krim Legendaris, Ragusa Es Italia

Dengan santai kaki ini melangkah menuju ke toko Ragusa Es Italia, tempat yang menjadi destinasi kami, aku dan Ewy. Sore itu cuaca masih terasa cukup panas dan terik, sesekali keringat mengucur dari tubuh. Untung saja kali ini kami berjalan kaki tidak terlalu jauh cuma dari stasiun kereta api Juanda, menyebrang jembatan penyebrangan dan kemudian menyusuri jalan Veteran I, Gambir Jakarta hingga kemudian sampai lah kami di toko Ragusa Es Italia. Sudah lama kami punya keinginan untuk mendatanginya, dan akhirnya bisa terwujud keinginan tersebut di hari itu.

Ternyata saat sampai sana, terlihat pemandangan yang sudah bisa kami tebak sebelumnya, antrian cukup panjang dari pengunjung untuk membeli es krim. Tak heran mengapa bisa terjadi hal tersebut. Toko Ragusa Es Italia ini menjual es krim legendaris sejak tahun 1932 dan bertahan hingga saat ini.

Toko yang beralamat lengkap di Jl. Veteran I No.10, RT.4/RW.2, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110 ini menawarkan bermacam-macam menu varian es krim seperti, Banana Split, Spaghetti Ice Cream, Cassata Siciliana, Tutti Frutti, Chocolate Sundae, dll. Harganya pun bervariasi mulai Rp 15.000 hingga Rp 35.000. Konon katanya, es krim disini menggunakan susu sapi sebagai bahan utamanya dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Jadi bisa dibilang sangat aman untuk dikonsumsi.

Kami pun kemudian mengantri. Di saat antri itu kami didatangi oleh karyawan es krim. Dengan ramahnya mereka memberikan daftar menu Ragusa Es Italia yang kemudian mereka mencatat pesanan dan memberikan nota yang harus kami bayarkan ke kasir selanjutnya.

Di sela sela kami ngantri, Ibu Sias Mawarni yang merupakan pemilik dari toko Ragusa Es Italia ini, dengan ramahnya menyapa pengunjung yang datang. Tak jarang pula beliau mengobrol dengan pengunjung yang datang. Tak berapa lama antri, sampai lah kami di kasir untuk membayar pesanan, dan kemudian bergeser untuk mengambil es krim yang sudah dipesan. Kami kali ini hanya memesan 2 menu saja, Banana Split dan Spaghetti Ice Cream. Masing-masing dihargai Rp 35.000.

Karena masih dalam keadaan pandemi, Ragusa Es Italia tidak menyediakan pelayanan dine in, dan diharuskan take away. Meskipun begitu, masih terdapat beberapa meja dan kursi rotan yang bisa diduduki di dalam toko. Kami pun kemudian menyantap es krim di area luar toko, dan secara kebetulan pula waktu itu kami dapat kursi kosong untuk diduduki di trotoar seberang toko. Segera saja 2 bungkus es krim kami unboxing karena takutnya segera mencair.

Ewy memilih untuk menyantap Spaghetti Ice Cream, dan aku kebagian Banana Split. Dalam sebungkus Spaghetti Ice Cream ini berupa Es Krim rasa Vanilla yang dicetak menyerupai Spaghetti yang kemudian ditaburi cokelat cair, sukade, dan kacang tanah. Sementara untuk Banana Split ini isinya mirip-mirip dengan Spaghetti Ice Cream. Dalam sebungkus Banana Split ini isinya berupa 3 scop es krim rasa strawberry, vanilla dan cokelat yang ditaruh di atas dua potong buah pisang yang kemudian ditabur cokelat cair, sukade, dan kacang tanah di atas es krimnya. Oya, porsi keduanya sendiri bisa dibilang besar untuk ukuran es krim. Setelah aku menyantapnya, kalau aku simpulkan es krimnya memang enak, teksturnya oke, mungkin yang es krim cokelatnya saja yang menurutku agak bikin eneg. Sedangkan yang vanilla&strawberry, aku suka dengan rasanya. Demikian juga dengan Ewy, dia sangat menyukai rasa vanilla dari Spaghetti Ice Cream yang ia santap. Tak heran lah kenapa harganya bisa dibilang agak mahal, karena kualitasnya terbukti memang bagus. Jika ditanya apakah kamu bakal kembali lagi kesitu untuk membeli Es Krim Italia Ragusa? Akan aku jawab, tentu iya, aku pasti akan kembali kesini untuk membeli Es Krim Italia Ragusa.

Sebagai tambahan saja, di sekitar toko Ragusa Es Italia ini banyak pedagang asongan seperti Tahu Gejrot, Sate, Kerak Telur, dll. Selain jajan es krim di Ragusa Es Italia, kalian juga bisa menikmati makanan lain yang dijajakan oleh pedagang tersebut sambil menghabiskan waktu bersama keluarga, atau pasangan kalian.