Cerita Fajar Senja

dari fajar untuk senja

Mencicipi Es Krim Legendaris, Ragusa Es Italia

1 Comment

Dengan santai kaki ini melangkah menuju ke toko Ragusa Es Italia, tempat yang menjadi destinasi kami, aku dan Ewy. Sore itu cuaca masih terasa cukup panas dan terik, sesekali keringat mengucur dari tubuh. Untung saja kali ini kami berjalan kaki tidak terlalu jauh cuma dari stasiun kereta api Juanda, menyebrang jembatan penyebrangan dan kemudian menyusuri jalan Veteran I, Gambir Jakarta hingga kemudian sampai lah kami di toko Ragusa Es Italia. Sudah lama kami punya keinginan untuk mendatanginya, dan akhirnya bisa terwujud keinginan tersebut di hari itu.

Ternyata saat sampai sana, terlihat pemandangan yang sudah bisa kami tebak sebelumnya, antrian cukup panjang dari pengunjung untuk membeli es krim. Tak heran mengapa bisa terjadi hal tersebut. Toko Ragusa Es Italia ini menjual es krim legendaris sejak tahun 1932 dan bertahan hingga saat ini.

Toko yang beralamat lengkap di Jl. Veteran I No.10, RT.4/RW.2, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110 ini menawarkan bermacam-macam menu varian es krim seperti, Banana Split, Spaghetti Ice Cream, Cassata Siciliana, Tutti Frutti, Chocolate Sundae, dll. Harganya pun bervariasi mulai Rp 15.000 hingga Rp 35.000. Konon katanya, es krim disini menggunakan susu sapi sebagai bahan utamanya dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Jadi bisa dibilang sangat aman untuk dikonsumsi.

Kami pun kemudian mengantri. Di saat antri itu kami didatangi oleh karyawan es krim. Dengan ramahnya mereka memberikan daftar menu Ragusa Es Italia yang kemudian mereka mencatat pesanan dan memberikan nota yang harus kami bayarkan ke kasir selanjutnya.

Di sela sela kami ngantri, Ibu Sias Mawarni yang merupakan pemilik dari toko Ragusa Es Italia ini, dengan ramahnya menyapa pengunjung yang datang. Tak jarang pula beliau mengobrol dengan pengunjung yang datang. Tak berapa lama antri, sampai lah kami di kasir untuk membayar pesanan, dan kemudian bergeser untuk mengambil es krim yang sudah dipesan. Kami kali ini hanya memesan 2 menu saja, Banana Split dan Spaghetti Ice Cream. Masing-masing dihargai Rp 35.000.

Karena masih dalam keadaan pandemi, Ragusa Es Italia tidak menyediakan pelayanan dine in, dan diharuskan take away. Meskipun begitu, masih terdapat beberapa meja dan kursi rotan yang bisa diduduki di dalam toko. Kami pun kemudian menyantap es krim di area luar toko, dan secara kebetulan pula waktu itu kami dapat kursi kosong untuk diduduki di trotoar seberang toko. Segera saja 2 bungkus es krim kami unboxing karena takutnya segera mencair.

Ewy memilih untuk menyantap Spaghetti Ice Cream, dan aku kebagian Banana Split. Dalam sebungkus Spaghetti Ice Cream ini berupa Es Krim rasa Vanilla yang dicetak menyerupai Spaghetti yang kemudian ditaburi cokelat cair, sukade, dan kacang tanah. Sementara untuk Banana Split ini isinya mirip-mirip dengan Spaghetti Ice Cream. Dalam sebungkus Banana Split ini isinya berupa 3 scop es krim rasa strawberry, vanilla dan cokelat yang ditaruh di atas dua potong buah pisang yang kemudian ditabur cokelat cair, sukade, dan kacang tanah di atas es krimnya. Oya, porsi keduanya sendiri bisa dibilang besar untuk ukuran es krim. Setelah aku menyantapnya, kalau aku simpulkan es krimnya memang enak, teksturnya oke, mungkin yang es krim cokelatnya saja yang menurutku agak bikin eneg. Sedangkan yang vanilla&strawberry, aku suka dengan rasanya. Demikian juga dengan Ewy, dia sangat menyukai rasa vanilla dari Spaghetti Ice Cream yang ia santap. Tak heran lah kenapa harganya bisa dibilang agak mahal, karena kualitasnya terbukti memang bagus. Jika ditanya apakah kamu bakal kembali lagi kesitu untuk membeli Es Krim Italia Ragusa? Akan aku jawab, tentu iya, aku pasti akan kembali kesini untuk membeli Es Krim Italia Ragusa.

Sebagai tambahan saja, di sekitar toko Ragusa Es Italia ini banyak pedagang asongan seperti Tahu Gejrot, Sate, Kerak Telur, dll. Selain jajan es krim di Ragusa Es Italia, kalian juga bisa menikmati makanan lain yang dijajakan oleh pedagang tersebut sambil menghabiskan waktu bersama keluarga, atau pasangan kalian.

Advertisement

Author: Adil Hani P

Wong asli Purworejo yang ngangsu kawruh di Solo

One thought on “Mencicipi Es Krim Legendaris, Ragusa Es Italia

  1. Kerennn kakak, enak sekali sepertinya eskrim nya, jadi pengen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s