Cerita Fajar Senja

dari fajar untuk senja

SOTO TANGKAR SATE KUAH BANG EDI

2 Comments

Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi. Begitu lah nama warung makan yang aku kunjungi ini. Aku sangat penasaran dengan Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi ini. Pertama kali ngerti kuliner ini dari nonton youtubenya Nex Carlos kira-kira 3 tahun yang lalu. Kemudian diperkuat dengan ulasan di twitter @drhaltekehalte tentang Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi di tahun 2021, semakin membulatkan tekad untuk mencobanya.
Akhirnya kesempatan untuk menjajal Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi itu kesampaian juga beberapa waktu yang lalu saat mampir Jakarta di perjalanan hendak ke Serang. Aku menyempatkan diri untuk datang mencobanya tentu saja bareng Ewy. Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi ini berlokasi di Jalan Tanah Abang II No.41D, RT.1/RW.4, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10160 atau bisa dicari melalui link google maps berikut https://maps.app.goo.gl/SBKgfMJAfHWaVuzh8.

Sampai di lokasi aku pun langsung memesan menu Soto Daging+Nasi, kemudian Ewy memesan Sate Kuah+Nasi dan kemudian memesan Sate terpisah sebagai tambahan. Di dalam semangkuk Soto yang aku pesan itu terdiri dari potongan daging (tidak ada jeroan), beberapa potongan tomat yang kemudian diguyur dengan kuah santan pekat yang juga diberi perasan jeruk limau, dan kemudian ditaburi daun bawang dan bawang goreng. Untuk pesanan Ewy tidak jauh beda denganku. Yang membedakan hanya dari isian dagingnya saja yang berupa sate daging&lemak yang sudah dilepaskan dari tusukannya. Sementara untuk sate tambahannya berupa semangkok berisi 5 tusuk sate yang sama digunakan untuk Sate Kuah yang disiram kecap manis yang kemudian diberi perasan jeruk limau dan kemudian diberi taburan bawang goreng.

Soto Daging+Sate tambahan


Sate Kuah
Sate
Potongan daging+jeroan

Oya, sebelumnya aku pernah mencoba Soto Tangkar di Karawang, namanya Soto Tangkar Mang Nean yang berlokasi tak jauh dari Stasiun Karawang. Secara fisik sih mungkin tak jauh beda dengan Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi yang kurasakan ini. Tapi soal rasa, di Bang Edi ini lebih kuat secara rasanya, dan juga kuahnya lebih pekat. Dagingnya juga teksturnya empuk, tak alot. Oiya, disini Sotonya menggunakan daging sapi ya. Aku juga sempat mencicipi Sate Kuah yang Ewy pesan. Di Sate Kuah yang Ewy pesan rasanya malah lebih kuat lagi karena ada tambahan rasa smoky dari hasil bakaran sate yang bercampur dengan kuah sotonya. Gak salah memang kalo label gak ada obat disematkan oleh Nex Carlos terhadap Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi ini. Buatku sotonya memang sangat nikmat. Gak rugi lah aku menyempatkan diri datang langsung ke Tanah Abang untuk mencicipinya.
Soto Tangkar+Nasi yang aku pesan ini dibanderol seharga Rp 30.000 per porsi. Untuk Sate Kuah+Nasi yang dipesan Ewy pun juga sama, dibanderol seharga Rp 30.000 per porsi. Sementara untuk sate tambahan yang dipesan dibanderol seharga Rp 25.000. Selain menu yang aku pesan tadi, ada juga menu Soto Campur yang berisi daging dan jeroan seperti babat, usus, paru. Dan selain itu ada emping dan kerupuk yang dijual terpisah.

Daftar Harga


Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi ini buka setiap hari dari senin sampe minggu dimulai dari jam 7 pagi sampai tutup jam 10 malam. Oya, kami datang di saat pagi hari, karena pagi hari belum terlalu ramai pengunjung. Karena konon katanya, di siang hari pengunjung yang datang kesini berjibun, sangat ramai. Tambahan info juga, apabila pembaca tulisan ini ada yang belum pernah mencoba Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi dan ingin berkunjung kesana, pembaca bisa kesana dengan menggunakan transportasi umum seperti KRL atau bus Trans Jakarta. Soto Tangkar Sate Kuah Bang Edi ini lokasinya cukup terjangkau, karena cukup dekat dengan Stasiun Tanah Abang, dan juga cukup dekat dengan Halte Trans Jakarta Monas.

Author: Adil Hani P

Wong asli Purworejo yang ngangsu kawruh di Solo

2 thoughts on “SOTO TANGKAR SATE KUAH BANG EDI

  1. terjangkau juga ya harganya hehehe

  2. wahh enak sekali

Leave a comment