Cerita Fajar Senja

dari fajar untuk senja

Pengalaman Pertama Bersama Rosalia Lantai Dua

Leave a comment

Bagi pengguna transportasi bus, siapa sih yang tak kenal dengan PO Rosalia Indah? Rosalia Indah adalah PO asal Karanganyar, Jawa Tengah yang melayani berbagai macam jurusan dari Palembang, Sumatera Selatan, hingga sampai Jember, Jawa Timur. Baru-baru ini PO Rosalia Indah mendapatkan predikat dari Museum Rekor Indonesia sebagai perusahaan otobus AKAP yang memiliki armada bus double decker terbanyak dengan pelayanan pramugara/pramugari.

Penghargaan MURI

Sebenarnya di Indonesia, tak cuma Rosalia Indah saja yang mempunyai armada double decker (bus dengan 2 lantai, atau lebih tenarnya dengan bus tingkat). Ada juga PO lain seperti, Agra Mas, Putera Mulya, Safari Dharma Raya, Harapan Jaya, Garuda Mas, Nusantara, Lorena Karina, Gunung Harta Solutions, Agung Sejati, Murni Jaya, Sinar Jaya yang beroperasi di Pulau Jawa. Atau juga PO lain di luar pulau Jawa seperti, Sempati Star, Primadona, Borlindo, Metro Permai. Tapi dari PO yang aku sebutin tadi, armadanya tak ada yang bisa melebihi jumlah armada double decker yang dimiliki Rosalia Indah, yaitu sejumlah 21 unit armada. Armada double decker yang dimiliki Rosalia Indah ini melayani berbagai jurusan antara lain, Malang-Tajur, Malang-Bitung, Jember-Bitung, Blitar-Ciputat, Blitar-Bitung, Ponorogo-Cileungsi, Madiun-Bitung, Karanganyar-Ciputat, Klaten-Jogja-Ciputat, dan Klaten-Jogja-Merak.

Sudah lama rasanya aku tak menggunakan jasa PO Rosalia Indah sebagai pengantarku bepergian. Terakhir kali naik PO ini adalah di bulan juni, 2016 yang kala itu naik armada kelas eksekutifnya dari Solo menuju Pasar Rebo, Jakarta. Berawal dari aku mendapatkan SMS dari Rosalia Indah dimana aku mendapatkan diskon 50% cuma-cuma, sangat sayang jika tidak aku gunakan kesempatan ini. Selain itu juga, kesempatan itu didapatkan berbarengan dengan adanya rencana berpergian ke Jakarta di akhir bulan januari kemarin. Ya sudah akhirnya aku putuskan Rosalia Indah yang akan kujadikan armada pengantarku menuju Jakarta kali ini. Tanpa basa-basi, pilihan langsung kujatuhkan untuk menaiki armada double deckernya. Embel-embel PO terbanyak yang mempunyai armada double decker beserta pelayanan yang dikenal bagus tentu sangat sayang untuk dilewatkan kali ini.

SMS diskon 50%

H-1
Sehari sebelum keberangkatan, aku datang langsung menuju Kantor Pusat Rosalia Indah, Ngringo, Karanganyar untuk memesan tiket. Sebenarnya untuk memesan tiket Rosalia Indah ini, bisa juga melalui websitenya Rosalia Indah, atau melalui aplikasi Rosalia Indah.

Aplikasi Rosalia Indah

Tetapi karena diskon 50% yang diberikan kepadaku diharuskan untuk memesan tiket melalui agen, maka dari itu aku memesan tiket kali ini dengan datang langsung ke loket. Sesampainya di loket, aku langsung utarakan maksudku dan tak lupa juga menunjukkan SMS tadi ke petugas loket. Akhirnya sebuah tiket Rosalia Indah dengan kelas eksekutif plus double decker keberangkatan esok hari berhasil aku amankan dengan mudah. Karena aku mendapatkan diskon 50%, aku cuma membayar sebesar Rp 132.500 saja, dari tarif normal Rp 265.000. Kali ini aku mendapatkan nomer seat 1B untuk perjalanan dari Kantor Pusat Rosalia Indah menuju Lebak Bulus, Jakarta.

Tiket Rosalia Indah

Hari H
Jam setengah 6 sore dengan diwarnai gerimis hujan, aku tiba di Kantor Pusat Rosalia Indah untuk memulai perjalanan. Sampai kantor, taklupa untuk laporan dulu ke bagian cek in yang ada di dekat ruang tunggu penumpang. Kali ini aku mendapatkan armada Rosalia Indah dengan nomor lambung SDD 163. Berdasarkan referensi yang aku dapat sebelumnya, kali ini aku akan menaiki armada double decker dengan bodi Jetbus 3+ buatan Karoseri adiputro Malang yang dipadu dengan sasis Volvo dengan seri B11R 430HP. Sebuah pengalaman pertamaku naik Rosalia Indah double decker, pertama kalinya juga aku menaiki bus double decker dengan chasis Volvo yang terkenal dengan kenyamanannya. FYI, di armada double deckernya ini, Rosalia Indah mempunyai 3 kelas berbeda. Di lantai 1 terdapat kelas first class double decker, atau kalo di PO lain di kenal dengan suite/sleeper class sebanyak 2 seat dan juga terdapat kelas super top double decker dengan konfigurasi kursi baris kiri 1 seat, kanan 2 seats dengan total 6 seats yang disertai legrest. Sementara di lantai 2 terdapat kelas eksekutif plus double decker dengan konfigurasi baris kiri 2 seats, dan kanan 2 seats, disertai legrest dimana aku akan mendudukinya.

Sebelum jam keberangkatan bus, aku gunakan kesempatan untuk ibadah dan servis makan. Oiya, servis makan yang diberikan kali ini dilakukan langsung di resto Rosalia Indah yang juga berada di area Kantor Pusat ini. Masuk ke ruang makan, aku utarakan maksudku ke petugas. Sebenarnya hari itu aku lagi pengen menukar menu standar dengan menu lain, tapi agak kecewa juga karena katanya menu lain sudah habis. Mau gak mau aku pun makan dengan menu standar yang ada. Menu standar yang disajikan untukku kali ini berupa nasi, semangkuk kare ayam,  lauk berupa ayam goreng tepung dan bakwan, dan teh dingin sebagai pelengkapnya. Dari rasa sebenarnya lumayan lah, cuma masih agak kecewa aja karena sebenarnya aku lagi pengen tukar dengan menu lainnya.

Bisa tukar menu, tapi sayangnya pas abis
Ambil menu makan standar

Ibadah sudah, makan sudah, yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu berangkat. Kali ini keberangkatan bus agak telat. Bus baru siap untuk diberangkatkan sekitar jam 7 malam kurang 15 menit. Setelah armada diparkirkan di depan ruang tunggu, segera saja aku masuk ke dalam bis. Langsung duduk di seatku, 1B. Pandangan loss ke depan, tak ada halangan apa-apa. Aku pun juga mencoba legrestnya, dan wow, kakiku bisa selonjoran dengan maksimal tanpa nekuk dan tanpa membentur apapun. Umumnya legrest di bus biasanya menempel di kursi, dan hanya bisa diatur dengan kemiringan tak bisa full 180°, tapi PO Rosalia Indah membuat terobosan baru dengan menyediakan legrest full selonjoran. Selain legrest, di kursi yang aku duduki ini juga terdapat port usb yang bisa digunakan untuk mengisi daya ponsel. Bantal dan selimut juga disediakan sebagai bagian dari fasilitas bus.

Pandangan loss ke depan
Full selonjor
Armada Rosalia Indah double decker SDD 163

Jam 18.53 akhirnya bus diberangkatkan juga dari Kantor Pusat Rosalia Indah, agak telat kali ini, tapi tak mengapa lah karena kali ini aku tidak mengejar waktu tiba di Jakarta. Tak jauh dari kantor tadi, bus mampir isi solar dulu di SPBU milik Rosalia Indah daerah Sroyo. Saat di SPBU ini, sambil dibagikan juga air mineral merk utra oleh pramugara sebagai bagian dari fasilitas.

Air Mineral Utra


Selepas mengisi solar, bus kemudian melaju kembali melewati beberapa agen seperti Gilingan, dan Kartasura. Oiya, karena bus sudah melakukan servis makan di Kantor Pusat Rosalia Indah, penumpang yang naik setelah Kantor tidak mendapatkan servis makan dan hanya mendapat berupa snack arem-arem dan roti sebagai gantinya. Sepertinya kok tidak sebanding dengan valuenya menurut saya.

Setelah menjemput penumpang di Kartasura, bus kemudian langsung masuk tol di gerbang tol Colomadu. Saat bus sudah melaju di tol, ada hal yang sangat  jarang ditemui di PO lain. Layaknya di pesawat terbang, dan kereta api, di bus Rosalia Indah ini juga terdapat anouncement yang langsung diucapkan oleh pramugara, bukan melalui rekaman yang diputar. Isi anouncement berisi tentang perkenalan armada yang dinaiki, kru yang bertugas, dan juga fasilitas yang tersedia di armada. Selain itu, ada ajakan berdoa bersama dari pramugara kepada seluruh penumpang agar diberi keselamatan dalam perjalanan. Sebuah nilai plus dari pelayanan PO Rosalia Indah. Selanjutnya bus melaju kembali menyusuri tol Trans Jawa ini dan juga sambil menjemput penumpang di Salatiga, Bawen, dan Banyumanik. Okupansi penumpang kali itu sangat lah bagus, hanya tersisa beberapa seat kosong saja. Padahal hari itu bukan hari ramai penumpang. Wajar memang, Rosalia Indah gitu.

Ada fasilitas lain yang jarang di PO lain yang kutemukan saat aku hendak turun menuju toilet di lantai 1. Di samping tangga, terdapat sebuah telepon yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pramugara/pramugari yang ada di kabin kemudi.

Telepon Armada

Selama di Tol, bus melaju dengan aman dan nyaman. Di saat kondisi jalanan kosong, bus dilajukan dengan kecepatan tinggi tapi dengan nyaman. Tidak ada manuver membahayakan yang dilakukan. Dan di saat kondisi jalanan ramai, bus pun sabar tetap melaju di jalurnya. Tidak ada kesempatan menggunakan bahu jalan sekedar untuk membelah arus lalu lintas. Memang mantab lah Rosalia Indah ini. Bus yang nyaman, dipadukan dengan pembawaan driver yang mantab, kombinasi yang sempurna untuk membawaku kemudian untuk beristirahat memejamkan mata.

Tengah malam, aku terbangun saat terdengar anouncement dari pramugara bahwa armada bus hendak memasuki Rumah Makan Rosalia Indah Subang guna melakukan servis snack. Sampai rumah makan, segera saja masuk ke dalam. Untuk servis snack kali ini aku mendapatkan sepiring kecil paket snack berupa lemet singkong dan pisang goreng. Untuk minumannya aku mengambil teh panas. Selain teh panas juga bisa mengambil kopi. Rasa lemet dan pisang goreng ini lumayan enak. FYI, jika kita naik armada double decker dari Jakarta dan turun di sekitar mulai Semarang hingga Solo, kita tidak mendapat servis snack, tapi harga tiket lebih murah Rp 15.000 dibanding jika kita naik dari timur.

Servis Snack
Armada Rosalia Indah double decker SDD 163 saat di Rumah Makan Rosalia Indah Subang

Setengah jam saja servis snack dilakukan, bus pun melanjutkan kembali perjalanannya. Aku gunakan kesempatan untuk melanjutkan tidur kembali. Selanjutnya, aku sempat beberapa kali bangun saat bus menurunkan penumpang di Cikarang, Bekasi, Terminal Pulo Gebang. Setelah tidur-tidur ayam, aku benar-benar bangun saat bus hendak tiba di tujuan akhirku di Lebak Bulus berbarengan dengan nyala lampu kabin dan suara anouncement dari pramugara bahwa tujuan penurunan Lebak Bulus akan segera tiba. Akhirnya, jam 4.32 aku tiba dengan selamat di tujuan akhirku Lebak Bulus. Perjalanan cukup memuaskan kali ini. Mungkin cuma kurang sreg aja di servis makan kali ini, karena sebenarnya aku pengen tukar menu. Tapi tak mengapa. Pelayanan lain yang diberikan sudah sangat lah mantab diberikan oleh PO ini kepada penumpang. Tak ada alasan untuk tidak mencoba kembali jasa PO Rosalia Indah ini di lain kesempatan.

Catatan waktu:
Start Kantor Pusat Rosalia Indah 18.53
Isi solar @ SPBU Rosalia Indah, Sroyo  18.58-19.06
Agen Gilingan 19.30-19.37
Agen Kartasura 20.01-20.04
GT Colomadu 20.09
Exit GT Salatiga 20.34
Terminal Tingkir, Salatiga 20.41-20.44
In GT Salatiga 20.49
Exit GT Bawen 21.02
Terminal Bawen 21.05-21.07
In GT Bawen 21.09
Exit GT Ungaran 21.20
Agen Banyumanik 21.38-21.39
In GT Srondol 21.43
GT Kalikangkung 21.59
Exit Gt Subang 1.32
Rumah Makan Rosalia Indah, Subang 1.32-2.09
In GT Subang 2.11
Finish Lebak Bulus, Jakarta 4.32

Fasilitas:
Bus Adiputro Jetbus 3+ duble decker powered by Volvo B11R 430 HP
Seat by Hai Rimba Kencana konfigurasi 2-2
Legrest model selonjoran
Selimut + Bantal
Port USB untuk mengisi daya ponsel
Air Mineral merk Utra
Servis makan
Servis snack
Toilet di lantai 1
Telepon yang digunakan untuk menghubungi pramugara
Hand sanitizer

Advertisement

Author: Adil Hani P

Wong asli Purworejo yang ngangsu kawruh di Solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s