Cerita Fajar Senja

dari fajar untuk senja

Fenomena Foto-Foto Bus

6 Comments

Seorang bocah datang mendekat ke pintu driver dan berbicara ke pak driver yang duduk di singgasananya. “Om, nanti pas bisnya jalan nyalain lampu dim ya om?”, demikian salah satu perkataan seorang “bismania” yang kala itu lagi asik menjadi ala fotografer dan bus-bus yang ada di terminal adalah objek bidikannya. Aku pun hanya geleng-geleng kepala, demikian juga pak driver. Kebetulan waktu itu aku pas hendak pulang dari ibukota dengan bus Haryanto dari terminal Pinang Ranti dan duduk di kursi CD (kursi TL, kursi samping driver), sehingga aku tau persis kejadian itu dan apa yang dia katakan.

Duh, kok gini-gini amat ya kalo moto bus. Kayaknya di tempatku gak ada deh hal-hal kayak gini (baca: Purworejo&Surakarta). Ya aku sih pernah moto bus yang jalan dan dapat dim pula (foto Maju Lancar seri A salah satunya, beberapa dulur yang aku tandai pasti tau foto itu). Tapi aku gak pernah sekalipun ngemis-ngemis dim ala bocah di terminal tadi, ngasih jempol kalo sudah dapet fotonya, ataupun lambai-lambai tangan ala gerombolan bocah yang hunting di pinggir tol seperti di foto-foto yang banyak beredar di facebook atau twitter.

Entah mulai kapan budaya (budaya moto bis dapet dim) ini mulai mewabah di kalangan bismania, eh “fotografer bismania”. Menurutku bismania ataupun “fotografer bismania” beda loh ya, bismania itu ya suka segala hal tentang bus. Nah kalo “fotografer bismania” itu menurutku suka busnya, tapi cuma foto-foto doang kegiatannya, naik bus pun wallahualam lah.

Yuk BTT, apa sih sebenarnya sensasi moto bus kalo dapet dim itu? Apa rasanya kayak abis nembak cewek terus diterima ya? Apa rasanya kayak pas abis ujian skripsi? Apa rasanya kayak lulus ujian nasional? Kok sampe-sampe ada yang ngemis dim, kadang ngemis klakson juga, entah klakson tolelot, apa klakson preeeng yang mereka pengen.

Eh ada lagi sih yang menurutku hal-hal menyimpang kayak moto bus di bahu jalan tol, pada gak sayang sama nyawa kali ya? Entar kalo ada bus banter sedunia lewat bahu tol gimana coba? Terus ada lagi foto-foto bus di flyover. Di flyover kan gak ada trotoar, lha kok pada moto bus? Iya sih busnya pada berhenti, tapi kan yang nggunain flyover gak cuma bus,, ada truk, mobil pribadi, sepeda motor. Apa gak ada tempat lain gitu ya buat moto bus?

Nah yang berikutnya adalagi kelakuan menyimpang ala “fotografer bismania”. Ndlosor. Ngapain sih pake ndlosor segala? Biar bisa dapetin foto low angle gitu ya? Pernah ada kejadian, tempatnya aku rada lupa, di salah satu terminal di ibukota. Ada anak yang lagi hunting ceritanya hamper kelindes bus yang lagi atret (bahasa kerennya apa ya? Mundur?) nah untung aja orang-orang di terminal neriakin. Kalo gak ya wallahualam lagi lah.

Ya aku nulis gini sih sebagai bentuk keprihatinan aja lah ya? Boleh lah moto-moto bus, tapi ya tetep ngutamain safety lah. Kasian orang tua yang udah beliin kamera atau telepon genggam yang ada kameranya, kasian juga kalo ada kejadian sebuah bus nabrak bocah yang lagi hunting terminal. Gak lucu juga kan kalo nanti kejadian itu masuk surat kabar dan tertulis headline gini “Bus Tabrak Bocah Bongsor Yang Lagi Ndlosor”.

Yuk ah, kita sebagai bismania yang punya hobi njepret berperilaku sewajarnya saja dalam njepret bus. Jangan malu-maluin diri kalian sendiri dan juga diri kalian sebagai bismania.

Author: Adil Hani P

Wong asli Purworejo yang ngangsu kawruh di Solo

6 thoughts on “Fenomena Foto-Foto Bus

  1. Nice blog gan. Sangat membantu (y)

  2. itulah karena jaman sekang bus dibikin bagus bagus ya gitu penggemarnya pasti banyak,

  3. benar sekali catatan ini, harus di kasih bimbingan

  4. MANTAPPP LAH…SALAM BUAT USB SMPN 8 CIBITUNG CKCKCKCK…

  5. KAMI DARI ANAK BUS MANIA COMUNITY DAN JUGA SALAM BUAT USB SMPN 8 CIBITUNG

  6. ijin share bos … artikelnya bagus …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s