Cerita Fajar Senja

dari fajar untuk senja

sepedaan di kota orang

Leave a comment

Dua hari sudah aku numpang “tidur” di rumah temanku, Mamet. Agak bosen juga, ya malam sebelumnya sudah jalan-jalan keliling kota sih, tapi masih belum puas. Siang tadi juga sempet jalan-jalan keliling daerah sekitar kampusnya mamet juga. Oya, Mamet ini kuliah di IPB Bogor, kebetulan dia tinggal sendirian di sebuah rumah di Pakuan Regency, cukup dekat dari kampusnya.

Sore ini si mamet keluar futsal, aku ditinggal sendirian di rumah, katanya agak lama futsalnya. Yo wis daripada nanti tambah bosen aku mau sepedaan saja. Kebetulan di rumahnya mamet ada sepeda, sebelumnya si mamet bilang kalau mau sepedaan tinggal pake aja sepedanya.

Habis mandi sore segar rasanya, hawanya juga enak, dingin, gak panas, enak sebenarnya kalau buat tidur. Haha. habis mandi ini langsung keluar rumah, kunci pintu dulu. Langsung naikin sepeda, eh kok gembos bannya. Yo wis pompa dulu. Habis mompa langsung aja kayuh sepeda keluar komplek menuju jalanan depan kampus, jalan raya dramaga/jalan raya bogor-leuwiliang. Keluar dari komplek menuju jalan depan ini bisa melihat pemandangan Gunung Salak di depan kejauhan, sayang sore ini agak mendung, jadi cuma terlihat sebagian saja gunungnya.

Sampai gerbang depan komplek ku lihat kemacetan panjang arah kampus IPB. Sebenarnya aku pengen sepedaan ke kampus tapi gara-gara macet panjang itu akhirnya kuurungkan niatku sepedaan ke kampus.

Putar arah sepeda, ku putuskan sepedaan ke sekitaran terminal bubulak aja. Sekalian cuci mata liat bis perpal di terminal (kalau ada sih). Ku kayuh sepeda ini, ku lihat ternyata buntut kemacetan bahkan hampir mendekati daerah belakang terminal bubulak.

Ku kayuh lagi sepeda pinjaman ini, sampai sebuah pertigaan aku belok kiri, ini adalah jalan belakang terminal bubulak. kemudian aku masuk terminal lewat pintu belakang terminal ini. Kondisi terminal bubulak ini menurutku cukup memprihatinkan, apalagi karena statusnya yang katanya akan dijadikan terminal induk pengganti terminal baranangsiang yang ada di tengah kota bogor. Lebih bagusan terminal di kota asalku, terminal Purworejo. haha

Di dalam terminal terlihat sebuah bus safari dharma raya yang perpal, angkot, bus trans pakuan. Ku kayuh sepeda lagi keluar terminal lewat pintu depan. Ku kayuh lagi sepedaku menuju pool APTB (angkutan perbatasan terintegrasi busway) Sinar jaya. Gak lama kayuhan sepda ini membawaku sampai pool APTB ini. Jaraknya tidak jauh memang dari terminal bubulak, hanya sekitar 500-700 meter saja. Lihat-lihat sebentar bis yang parkir di pool. Setelah puas, aku putuskan langsung balik pulang saja. Kali ini aku lewat jalan depan terminal.

Setelah melewati pintu depan terminal kayuhan sepedaini membawaku sampai ke parkiran/perpalan bus haryanto, entah kenapa bus ini tidak memarirkan armadanya di dalam terminal seperti Safari Dharma Raya, dan juga Bejeu, Zentrum, Shantika yang aku lihat tadi siang saat keluar jalan-jalan sama mamet. Aku hanya numpang lewat saja, terlihat bus haryanto berkode 18 perpal.

Ku kayuh sepeda lagi, dan kemudian sampai perpalan bus Purwo Widodo, terlihat 1 bus Purwo Widodo non AC perpal. Entah kenapa juga bus ini tidak perpal/parker di dalam terminal. Cuma numpang lewat juga ku kayuh lagi sepeda ini untuk pulang.

Ternyata kondisi jalan berubah disbanding saat aku berangkat tadi, dari arah kampus IPB menuju terminal juga kena macet, tapi tidak separah kondisi kemacetan arus yang menuju arah kampus IPB. Agak bersusah payah juga bersepeda di kemacetan ini, jalan yang sempit Cuma dua lajur, dan juga kendaraan sepeda motor di belakang yang sering mengklaksonku untuk meminta jalan buatnya. “kok ra sabaran men to pak?”

Setelah bersusah payah sampai juga di gerbang depan perumahan. aku gak langsung masuk area komplek perumahan, tapi aku mampir dulu belanja barang di sebuah minimarket samping gerbang depan perumahan.

Selesai belanja aku pun pulang, dan adzan maghrib menyambut saat kayuhan sepeda ini masuk gerbang depan perumahan.

Author: Adil Hani P

Wong asli Purworejo yang ngangsu kawruh di Solo

Leave a Reply

