Cerita Fajar Senja

dari fajar untuk senja

Sepeda

2 Comments

Solo, 2 agustus 2012

Bosan rasanya jika tubuhku ini harus dipaksa mengikuti arus-arus yang ada dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Seperti halnya juga dalam bertransportasi, ingin rasanya meninggalkan sejenak tubuh ini dari yang namanya sepeda motor, mobil atau bisa juga disebut kendaraan bermotor pribadi (aslinya sih memang gak punya kedua-duanya. Hehe) . Sudah terlalu padat dunia jalan raya di Indonesia dengan kendaraan bermotor pribadi. Bisa dikatakan sekarang ini hampir tiap rumah memiliki 2 sepeda motor (gak valid sebenarnya surveinya. Hehe). Sudah sering kita mendengar kata kemacetan yang melanda jalanan di berbagai daerah. Demikian juga dengan kecelakaan yang senantiasa menghantui para pengguna jalan raya akibat tumplek blek para pengguna kendaraan di jalan raya. Demikian juga dengan efek yang timbul dari penggunaan kendaraan pribadi ini, yaitu polusi udara.

Sore ini aku dan ke empat temanku Daru, Kirun, Karyo, Kecret bersepeda ria lagi menyusuri kota Solo sambil ngabuburit, menunggu buka puasa tiba. Sehabis ashar pulang dari kampus dengan berbekal sepeda pinjaman, aku dan Daru memulai petualangan sore dari kostku. Mampir sebentar ke kost baliem untuk menghampiri salah satu penghuninya, Kecret. Dua sepeda, dan kini jadi tiga mulai dikayuh meninggalkan area perkampungan di belakang kampusku. Nafas agak ngos-ngosan ketika sepeda yang kami kayuh harus mendaki tanjakan di jalan samping Solo Techno Park. Tapi hal itu tidak menyurutkan kayuhan kami untuk menyusuri Solo sore ini.

Lalu lintas sore ini memang cukup padat membuat kami harus membuat perhitungan agar sepeda ini tak dihajar pengguna jalan yang lain. Berhenti sebentar di salah satu sudut Perempatan Panggung, untuk menunggu salah satu teman yang akan bergabung. Tak sampai 10 menit menunggu, meluncur salah satu teman dari bumi Solo utara, Kirun. Tiga sepeda kini jadi empat sepeda. Perjalanan sepeda ini kembali dimulai menuju selatan dengan menyusuri Jalan Urip Sumoharjo. Perjalanan dibuka dengan kemacetan di perlintasan kereta api Jebres yang kerap menimbulkan masalah kemacetan.

Cuaca sore ini untung lah tidak terlalu panas seperti dua hari sebelumnya saat kami bersepeda sore. Cuaca sore ini memang sangat mendukung bagi kami. Mulai dari Jalan perkampungan belakang kampus, Jalan Ki Hajar Dewantara, Jalan Kolonel Sutarto, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Alun-alun Utara, Jalan di perkampungan Baluwarti (jalan sisi timur Kraton) kami lahap sore ini hingga laju sepeda yang kami kayuh berhenti di Alun-Alun Selatan. Tak lama sepeda fiksi oranye dan penunggangnya, Karyo datang bergabung.Tak lama sepeda fiksi oranye dan penunggangnya, Karyo datang bergabung. Selanjutnya kami habiskan sisa waktu menjelang buka puasa dengan menonton anak-anak Sekolah Sepakbola (SSB) berlatih menendang si kulit bundar a.k.a bola sepak.

Matahari sudah mulai surut di ufuk barat. Kawanan sepeda melanjutkan perjalanannya membawa kami menyusuri Jalan perkampungan Gajahan, Jalan Reksoniten, Jalan Dr Radjiman, Jalan Yos Sudarso sampai di Wedangan tempat biasa kongkow bersama. Alhamdulillah tak terlalu lama menunggu waktu buka puasa. Segelas Teh Hangat menjadi pelepas dahaga sore ini.

Bersepeda. Ya, dengan bersepeda kita bisa melupakan sejenak kepenatan rutinitas. Bersepeda juga sebagai sarana untuk merilekskan raga ini dari rutinitas keseharian. Bersepeda juga sebagai bentuk partisipasi kita dalam mengurangi dampak pemanasan global. Bersepeda juga bisa mempertemukan kita dengan dunia lain daripada yang lain yang biasa kita temui sehari-hari. Cobalah. Karena bersepeda itu banyak untungnya darpada mudharatnya.
Selamat Bersepeda!!

Kecret dan tunggangannya

Contoh bersepeda yang salah. haha

Author: Adil Hani P

Wong asli Purworejo yang ngangsu kawruh di Solo

2 thoughts on “Sepeda

  1. nice, keep gowes mas bro… jaga bumi kita dari asap-asap hitam

  2. besok senin sepedaan lagi yuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s