Cerita Fajar Senja

dari fajar untuk senja

Terboyo Pagi Hari

Leave a comment

Terboyo, 1 agustus 2012

Jam 4 pagi aku sudah menginjakkan kaki di salah satu sudut jalan di suatu kota bagian utara Jawa Tengah. Udara pagi itu cukup dingin, meskipun di kota ini terkenal dengan hawa udaranya yang panas. Aku pandangi satu per satu bagian sudut jalan dari tempatku berdiri ini. Jalan lebar berstatus jalan negara aku lihat sudah cukup padat kendaraan walaupun matahari belum menampakkan dirinya. Truk-truk bertonase berat dan kecil, kendaraan pribadi lewat silih berganti. Jalan masuk menuju bagian utara kota ini juga mulai dipadati hilir mudik bus yang lewat. Bus-bus besar saling berlomba mencari sewa yang ada di sudut jalan ini. Demikian juga dengan bus kota yang mencari sewa menuju dalam kota. Sekedar berhenti di depanku untuk menaik-turunkan sewa yang akan memulai aktivitas paginya. Karung-karung dagangan besar juga mulai berjejalan di sudut jalan yang akan dibawa ibu-ibu ke ladangnya menggunakan bus kota.

Dua jam aku belum beranjak dari tempatku berdiri. Matahari juga sudah menampakkan dirinya. Aku bergeser ke seberang jalan sekedar berolahraga pagi merilekskan tubuh yang dihajar udara pagi. Aparat berseragam cokelat dengan rompi hijau mudanya juga sudah berdiri di bagian sudut jalan untuk mengatur jalan di depan aku berdiri sekarang ini. Kondisi jalan juga sudah berbeda dari 2 jam sebelumnya saat aku tiba disini. Kali ini bertambah dengan lautan lalu lalang sepeda motor yang membawa pengendaranya untuk beraktivitas menuju ke barat. Mereka saling berlomba-lomba untuk jadi yang terdepan di jalan ini.

Sederhana. Ya sederhana apa yang aku lihat pagi itu. Ritual pagi yang sudah menjadi rutinitas yang berulang-ulang. Aku memang bukan bagian dari mereka yang aku lihat pagi itu, tapi nanti aku juga akan menjadi bagiannya.

Sudah hampir jam 8 waktu pagi ini. Aku tinggalkan area itu ke barat mengikuti arus rutinitas pagi itu.

Author: Adil Hani P

Wong asli Purworejo yang ngangsu kawruh di Solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s