Cerita Fajar Senja

Pesona Gunung Kidul (1)

2 Comments

Jum’at, 20 April 2012
Pagi-pagi jam 7 aku sudah bangun, tak seperti biasanya yang jam segitu masih molor. Sebelumnya aku sudah diingatkan oleh teman ku Rizki karena aku dan dia akan berangkat duluan ke Gunung Kidul. Oiya, aku dan teman-teman ku, Dura, Pythag, Bayu, Daru, Hasan, Rizki, Okky, dan Dendy jum’at itu berencana mau camping di situs Gunung Api Purba Nglanggeran, Pathuk, Gunung Kidul.

Jam 9 aku dan Rizki berangkat dulu untuk mengambil tenda di Klaten.

Jam 10 tiba di rumahnya Rizki di Klaten. Sarapan, istirahat sebentar, dan tak lupa jum’atan di Masjid dekat rumahnya.

Jam setengah 2 siang berangkat ke Gunung Kidul dan berenana bertemu rombongan teman-teman yang lain di Pathuk.

Jam setengah 3 sampai di Pathuk. Kemudian kirim pesan singkat ke teman-teman, ternyata rombongan baru berangkat dari Solo, ya sudah 2 jam harus menunggu di Pathuk.

Akhirnya jam 5 rombongan sampai di Pathuk, 2,5 jam menunggu mereka. Dan pahitnya si Okky dan Dendy kena tilang di pertigaan lampu merah Piyungan.

Ini dia si Okky dan Pak Polisi

Setelah rombongan sampai perjalanan dilanjutkan kembali menuju Nglanggeran, kira-kira sekitar 8 KM dari Pathuk. Sesampainya di Gerbang Masuk Nglanggeran, bayar tiket dulu, 5000 rupiah per orang, dan parkir per motor 1000 rupiah.

Tiba di Gerbang Masuk Nglanggeran

Karena matahari sudah mulai tenggelam di ufuk barat, segera saja kami mendaki Gunung Nglanggeran ini. Ternyata medan yang dilalui agak berat, berjalan melalui celah-celah tebing yang sempit.

Melewati tebing-tebing yang sempit

Sekitar jam 6.45 petang kami tiba di Pos pertama pendakian, dan istirahat sebentar .

Setelah istirahat, kami melanjutkan perjalanan kembali. Dan akhirnya sekitar setengah 8 kami sudah sampai di area untuk camping. Puncak dari Gunung ini tidak jauh dari tempat kami camping. Dan diputuskan untuk menuju ke puncak keesokan harinya setelah subuh.

Kami segera mendirikan tenda, dan menghabiskan waktu malam yang tersisa.

Mendirikan tenda

Mengumpulkan perbekalan

Masak-masak dulu

Berkumpul bersama menghabiskan malam

Pemandangan Kota Yogyakarta di malam hari

Sekitar jam 1 malam kami memutuskan untuk tidur, agar esok harinya tidak kesiangan bangun dan dapat melanjutkan perjalanan kembali ke Puncak Nglanggeran.

Jam 4 kami bangun, kami bergegas untuk masak air dan sarapan terlebih dulu, dan Subuhan tentunya.
Sekitar jam 5 kurang matahari sudah mulai memancarkan sinarnya, kami segera mengemasi barang bawaan, dan membereskan tenda. Setelah selesai kami segera menuju puncak gunung. Tak sampai 5 menit kami sampai di Puncak Gunung. Dan Subhanallah pemandangan yang luar biasa dari puncak gunung ini.

Sampai di Puncak Nglanggeran

Matahari memancarkan sinarnya dari ufuk timur

Menikmati suasana pagi di Puncak Nglanggeran

Masih foto-foto

Foto-foto terus

Melihat pemandanan di kejauhan

Setelah puas menghabiskan waktu di Puncak Gunung Nglanggeran, sekitar jam setengah 7 pagi kami memutuskan untuk turun gunung menuju pos masuk Gunung Nglanggeran.

Tebing di Nglanggeran

Foto-foto lagi

Proses turun gunung lewat celah tebing yang sempit

Sekitar jam setengah 8 akhirnya kami tiba di pos masuk Nglanggeran. Kemudian, kami melakukan bersih-bersih badan (mandi), dan sarapan.

Masak lagi

Sarapan dulu

Sekitar jam setengah 9 kemudian kami memutuskan untuk meninggalkan Nglanggeran dan melanjutkan perjalanan selanjutnya.

Sampai jumpa lagi Nglanggeran, kapan-kapan kesini lagi.

*foto oleh Bayu, dkk…

Author: Adil Hani P

Wong asli Purworejo yang ngangsu kawruh di Solo

2 thoughts on “Pesona Gunung Kidul (1)